Cara Menginstall Printer Driver Tanpa CD

Menginstall printer tentu membutuhkan sebuah CD Driver. Jika Anda membeli printer baru, biasanya CD Driver tersebut sudah include dalam sebuah kotak printer. Bagaimana jika CD Driver Printer tersebut ternyata hilang? Anda masih bisa pinjam kepada teman atau jika mempunyai koneksi internet, Anda dapat mendownloadnya langsung dari dalam website penyedia driver printer sesuai merek printer Anda. Atau apabila Anda takut kehilangan CD Driver, sebaiknya backup Driver Anda untuk berjaga-jaga.

Cara Menginstall Printer Driver Tanpa CD

Cara Menginstall Printer Driver Tanpa CD

Bagaimana Cara Menginstall Printer Driver Tanpa CD

Pada artikel kali ini, kami akan uraikan cara mudah install driver printer tanpa menggunakan CD Driver, proses Instal driver printer ini akan kami demonstrasikan menggunakan printer canon MP287.  Ini merupakan sebuah printer keluaran Canon dengan fasilitas Print, Scan dan Copy. Jika Anda butuh drivernya silahkan download melalui link yang sudah banyak tersedia dalam situs online atau website resmi.

Tekan tombol Start kemudian klik kanan komputer lalu pilih Manage-Device Manager. Klik pada Other device untuk bisa melihat type printer yang belum diinstall biasanya mempunyai tanda seru berwarna kuning atau tanda tanya wana putih. Klik kanan dalam MP280 lalu pilih Update Driver Software untuk memulai proses Install Driver printer tersebut. Berikutnya yakni dengan memilih Browse my computer for driver software, lalu cari dimana letak driver printer yang sudah disimpan pada komputer. Klik tombol Browse untuk menuju kesebuah Folder tempat driver Printer MP280 tersimpan.

Kebetulan pada contoh ini kami akan menyimpan Driver printer MP280 pada Folder Download atau Programs yang sudah kami beri nama. Klik pada Folder tersebut kemudian tekan tombol OK untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Proses Instal Driver Printer sudah bisa dimulai, ini ditandai dengan hadirnya dialog box Installing driver software. Biarkan proses ini berjalan dengan lancar, jangan klik apa pun pada proses ini, lebih baik Anda duduk menunggu dengan tenang.

Jika proses intall driver printer sudah selesai, akan ditandai dengan datangnya pesan “Windows has successfully update your driver software”. Jika yang muncul bukan tulisan seperti yang di atas atau muncul pesar error, itu mungkin disebabkan karena driver yang Anda jalankan tidak cocok dengan jenis printer yang sudah Anda install atau pada folder driver printer tersebut ada file penting yang dibutuhkan oleh periter sudah terhapus atau hilang.

Kami ucakan selamat kepada Anda, karena jika sudah sampai dalam langkah terakhir ini berarti Anda sudah berhasil Install Driver Printer tanpa harus menggunakan sebuah CD driver. Cara Install Driver Printer ini juga bisa Anda terapkan untuk menginstall device komputer lainnya LAN Card, seperti VGA, Sound Card, Wireless dan lain-lainnya. Langkahnya sama seperti yang sudah kami jelaskan diatas, perbedaannya hanya pada berada pada jenis driver yang digunakan harus sesuai dengan device yang akan diinstall.

Cara instal printer tanpa menggunakan CD driver akan bekerja dengan baik dan lancar. Ini juga merupakan salah satu pengalaman pribadi saat kehilangan CD driver printer, yang akhirnya mulai mencari tahu dalam internet dan mencoba untuk mendownload driver canon sebagai pengganti CD driver yang hilang tersebut.

Buat Anda yang ingin mengetahui Link download driver printer canon dengan berbagai type, Anda harus membaca artikel cara download driver. Selain dengan mendownloadnya, Anda juga bisa meminjam CD driver canon kepada karabat yang mempunyai tipe sama dengan printer Anda.

Kami rasa cukup ini saja dulu yang bisa kami share, semoga tutorial mengenai cara install driver Printer tanpa CD ini bisa membawa banyak manfaat bagi para pembaca sekalian. Sekian dari kami, terima kasih.

Add Comment