Pembagian Sistem Pendingin Radiator Mobil

Untuk Anda yang sudah paham dengan system kerja dari radiator mobil, maka tentu saja hal tersebut membuat Anda tidak asing dengan cara kerja dari mesin mobil itu sendiri. dimana setiap mesin yang bergerak itu selalu menghasilkan panas. Hal ini dikarenakan panas tersebut berasal dari adanya pembakaran yang terdapat di dalam blok mesin. Dari sinilah, air radiator tersebut kemudian mengalir dari blok mesin yang berguna untuk mengontrol suhu panas yang ada di dalam mesin. Dari sini juga, air radiator itu nanti akan didinginkan oleh bagian kondensor yang terdapat di belakang bagian kondensor AC. Semuanya itu dilakukan oleh water pump.

Nah, water pump inilah yan gkemudian berputar dengan mesin. Biasanya, saat putarannya melambat, ini bisa membuat aliran air menjadi bermasalah juga. Sehingga, diperlukan bantuan tambahan kipas yang berguna untuk mendinginkan radiator air. Yang pasti, sebenarnya radiator mobil itu bukan sekedar spare part sendiri asja, namun terdapat beberapa system pendingin yang digunakan oleh mesin mobil, yang meliputi di bawah ini:

  1. Radiator, ini merupakan salah satu bagian mobil yang memiliki banyak celah kecil dan banyak kisi – kisi yang sudah tersusun dengan rapi. Alat ini terbuat dari alumunium, dan biasanya diletakkan tepat di depan mesinnya.
  2. Kipas radiator mobil, bagian ini bertugas untuk mengoptimalkan dari system pendingin mobil itu sendiri. alat ini cukup baik untuk menyerap panas, namun untuk suhu melebihi 80 derajat celcius tetap membutuhkan bantuan dari pendingin radiator dalam sebuah kipas. Sehingga, suhu bisa menjadi lebih ideal.
  3. Water pump, ini bisa juga disebut juga dengan pompa cairan untuk radiator. Bagian ini berguna untuk mensirkulasi cairan yang terdapat dalam radiator sehingga kemudian suhu panas bisa diambil, dan cairan pendingin pun bisa langsung masuk ke dalam radiator untuk membuang suhu panasnya. Pompa inilah yang kemudian akan bekerja dengan terus menerus selama mesin masih bekerja. Jadi, bila mesin berhenti, maka bagian ini pun juga akan ikut berhenti.

Add Comment